Rabu, 13 November 2013

Fruit Pie

Sudah lama saya ingin membuat pie buah ini. Nah, kemudian saya ingat bahwa tugas "produk kreatif" mata kuliah Kreativitas saya dapat berupa masakan, maka saya pun mencoba untuk membuat Pie Buah ini.

A. Bahan 

 Bahan Kulit:
100 gram margarin
30 gram gula tepung
1/4 sendok teh garam
1 kuning telur
200 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan air es

Bahan Vla:
300 ml susu cair
50 gram gula pasir
30 gram maizena dan 3 sendok makan air, dilarutkan
1 kuning telur, dikocok lepas
1 sendok makan margarin
1/8 sendok teh esens vanila

Bahan Toping:
1 kaleng buah koktail, tiriskan


B. Cara Membuat 

  1. Kulit : aduk margarin, gula tepung, garam, kuning telur, tepung terigu, dan air es sampai rata. Gumpalkan.
  2. Pipihkan di cetakan pie diameter atas 5 cm dan bawah 7,5 cm. Tusuk-tusuk dengan garpu.
  3. Oven 25 menit dengan suhu 170 derajat Celsius sampai matang.
  4. Vla: rebus susu cair dan gula pasir sampai mendidih. tambahkan larutan tepung maizena. Aduk sampai meletup-letup. Matikan api.
  5. Masukkan kuning telur. Aduk dengan cepat. Nyalakan api. Masak sampai meletup–letup. Tambahkan margarin dan esens vanila. Aduk rata. Angkat.
  6. Isi ke dalam pie. Dinginkan. Sendokkan buah koktail diatasnya. Kemudian siap untuk disajikan. 



Tidak terlalu sulit kok untuk membuat pie ini. Mungkin teman-teman dapat mencobanya sendiri dirumah. Selamat mencoba :)

 Nah, sekarang saya akan mengaitkan hasil performa saya ini dengan teori yang sudah saya pelajari di kelas Kreativitas. Mengenai "4P (Person, Press, Process, Product) :

1. Person
 Dalam pandangan person, kreativitas merupakan ungkapan dari keunikan individu dalam interaksi dengan lingkungannya., yang mana mencerminkan orisinilitas dari individu tersebut. Jika saya mengaitkan dengan diri saya sendiri, dan apa yang telah saya buat (Fruit Pie), tampak jelas bahwa manusia memiliki keunikan maisng-masing. Tidak ada orang yang akan membuat fruit pie dengan rasa yang persis sama ataupun bagaimana cara menghiasnya.

2. Press
Bakat Kreatif seseorang akan muncul apabila ada dorongan dan dukungan dari lingkungannya ataupun dari dirinya sendiri. Dalam hal ini, faktor eksternal dan internal sangat mendorong saya untuk membuat fruit pie ini. Yang mana keinginan kuat dari dalam diri saya untuk membuat pie tersebut dan adanya kewajiban untuk mengerjakan tugas kreativitas yang telah diberikan oleh dosen pengampu.

3. Process
Untuk mengembangkan kreativitas, seseorang perlu diberikan krsempatan untuk bersibuk diri secara kreatif. Dimana tersedianya waktu dan peralatan serta bahan yang dibutuhkan. Dalam hal ini mama saya membantu saya untuk menyiapkan alat serta bahan. Mama saya juga memberikan saya kesempatan untuk melakukannya sendiri dan apabila saya mengalami kesulitan, maka mama saya juga bersedia untuk membantu.

4. Product
Dengan dimilikinya bakat dan ciri-ciri ribadi kreatif, dan dengan dorongan eksternal ataupun internal untuk bersibuk diri secara kreatif, maka produk kreatif juga akan muncul dengan sendirinya. Dalam hal ini, tampak jelas bahwa saya sudah menghasilkan suatu "product" yaitu Fruit Pie yang saya buat sendiri.

Demikianlah penjelasan yang dapat saya berikan mengenai performa yang telah saya lakukan. Kalian juga dapat memberikan kritikan dan saran :) 

Thankyou



 

28 komentar:

  1. trymay karyanya bagus ,kreatif dan unik. Try juga bagus dalam menghias kuenya. Dan pasti rasanya juga enak :) Good job trymay syarah

    BalasHapus
  2. Trymaaay performa pribadinya kreatif ya hehe tatanan kuenya juga menarik may ntar kapan2 buatin devy ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. thankyou devyyyy hehe iya nanti kapan-kapan trymay buatin ya :D

      Hapus
  3. srrrpppp.. kayaknya enak tu :)...
    hasil kreasi trymay bagus..

    sepertinya trymay juga mendapat Press yang besar dari mamanya..
    jadinya welldone :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thankyou nirmay :) iya mama trymay mau bantuin terus mau ngasi masukan. jadinya gak terlalu susah buatnya hehe

      Hapus
  4. Wahh, sepertinya Fruit Pie buatan Trymay enak niih... Bolehlah dicoba, bawa ke kampus dong... Haha...

    Kira-kira, kendala seperti apa yang Trymay alami selama membuat Fruit Pie ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe thankyou eka nanti kapan - kapan trymay bawa ke kampus ya.

      Mmm apa ya? Kayaknya tidak ada kendala yang terlalu merepotkan deh. Kendalanya mungkin karna baru pertama kali membuatnya, jadi agak bingung. Tapi karna mama mau memberi masukan, jadi gak bingung lagi deh :D

      Hapus
  5. wiww Fruit Pie trymayy sangat menarik ya :D Saya jadi ingin mencoba-nya. Tataan hiasan kuenyapun sungguh bagus dan pingin sekali saya mencobanya. Ternyata trymay benar-benar kreatif ya. Kapan-kapan buatkan saya Fruit Pie seperti itu ya trymay. Good Job Trymayy :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe thankyou kak tasaaaa. iya nanti kapan-kapan trymay buatin ya buat kak tasa :*

      Hapus
  6. kelihatannya enaakk*ngences*
    hiasan toppingnya juga bagus *ngences*
    buatin dong dek:')) *ngences*
    kalo mau buat ini, topingnya boleh apa aja kan? atau fla nya bisa diberi rasa2 an gak?
    hehe main ke blog ku juga ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou kaaaaak hehe iya nanti kapan-kapan trymay buatin ya kak :)

      iya kak. toping sama fla nya juga boleh diganti-ganti sesuai selera kita kak. Tergantung kakak maunya rasa apa hehe
      Oke kak ;)

      Hapus
  7. keren trymay :)
    pasti enak tu kue ny,, jadi pengen :D

    oiya tapi kek nya lebih ceria lagi kalau kue nya di kasih pewarna makanan alami kayak di kasih blueberry, perasa strawberry pokonya biar lebih ceria aja warna nya may. tapi tu uda keren banget kog..
    kapan-kapan pengen ngerasaian lah buatan trymay :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thankyou melfaaaa. Makasi juga buat masukannya. Nanti trymay buatin sesuai degan masukan melfa deh :p

      Hapus
  8. Fruit pie buatan try may keliatannya enak yaa, cantik juga. Bisa di kembangkan ini kreativitas try may. Peluang bagus buat usaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou nanuuuu. hahaha iya nih nanti kita buat usaha pie. Nanu bantuin masaknya ya :p

      Hapus
  9. wahhh.. calon ibu yang baik nii seperti nya trymay..
    mau lah coba fruit pie nya trymay
    itu hasil dari insight atau memang bakat alami may ?:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi malu ni byuti wkwkwk iya nanti kapan-kapan trymay buatin yaa.

      Hapus
  10. #ciee yang pinter masak :d, ayo teman belajar masak sama Trimay, hehehe

    Fruit Pienya pasti enak, apalagi yang dibuat sama tangan sendiri, dari segi kesehatan juga terjamin, pasti diusahakan semaksimal mungkin untuk tidak mencampurkan bahan-bahan yang dapat merusak fungsi organ-organ tubuh secara perlahan, misalnya bahan pengawet. pewarna buatan sintesis (Non food colour) dan sebagainya. Apalagi pilihan topingnya buah, semakin terlihat resolutionnya adalah membuat cemilan sehat yang mengenyangkan. Elaborasi dan sintesis yang Trimay ciptakan juga sudah menghasilkan produk yang maksimal, maksudnya pie dicampur dengan Koktail, karena kita liat saja masih jarang orang-orang untuk menyatukan pie dengan koktail. Trimay Hebat :)

    #Muthia juga dibagi yaa Pienya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ayok ayok kita belajar masaka sama-sama.

      iya bener itu muthia. kalau masak sendiri gak takut bisa ngerusak kesehatan kita. terus buat yang takut gendut, aman kok buat makan pie ini. kan pake buah hehe.
      iya nanti trymay buatin lagi ya :D

      Hapus
  11. Nyamm.. Nyamm.. Nyaamm.....
    Akhirnya aku dapatkan resep kue ini... >.<

    BalasHapus
  12. Wah, karya nya bagus trymay. Punya bakat memasak ya, kayaknya enak tu, bisa di cicipin nga ya ... :D

    BalasHapus
  13. wah, kamu punya bakat memasak ya may. bisa donk ikut master chep. aku mau donk di ajarin masak :)

    BalasHapus
  14. weeeew serius bikin ngiler maaay. haha enak banget keliatannya.
    bisa nih jadi tambahan referensi nih kalo buat kue :> good job may :D

    BalasHapus
  15. nah karya yang satu ini kelihatannya unik dibanding karya teman-teman yang lain ya may:) bikin kue yang cantik dan kelihatan enak seperti ini tentunya butuh bakat dan kreativitas yang tinggi. Bagus may, ajarin masak kue juga dong entar hehe

    BalasHapus
  16. Thankyou komentarnya teman-teman hehe nanti kta buat kue sama-sama yaaaa :D

    BalasHapus